Pemenang Quiz Ramadhan AAIJ #3

Jumat, 29 Maret 2024. Quiz Ramadhan AAIJ #3 telah selesai dilaksanakan dan sebanyak 48 karyawan PT Akebono Brake Astra Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan tingkat akurasi yaitu 66% terhadap 10 pertanyaan yang disuguhkan. Materi kuis dengan platform Quizizz yaitu terkait dengan Gema Ramadhan yang kembali menyegarkan pengetahuan kita tentang puasa, zakat, ibadah itikaf dan ilmu tajwid.

Adapun soal-soal yang dipertandingkan yaitu sebagai berikut, dan silahkan bisa dijawab sendiri yah.

  1. Terdiri dari berapa ayat-kah QS Yaasiin?
  2. Cocokkanlah Surat dalam Al Quran dengan Jumlah ayat dalam Surat tersebut? 3 ayat, 4 ayat, 5 ayat dan 6 ayat --> QS Al 'Asr, QS Al Ikhlas, QS Al Qadr, QS Al Kafirun.
  3. I'tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid yang disertai niat beribadah kepada Allah SWT. Dimanakah ibadah i'tikaf disyariatkan dalam Al Quran?
  4. Keutamaan atau Pahala Sholat Tarawih bersama Imam hingga selesai yaitu seperti?
  5. Kadar Zakat Fitrah menurut Hadist nabi Muhammad SAW (HR Bukhari dan Muslim) yaitu 1 sha'. Berapakah ukuran 1 sha' untuk makanan pokok/beras?
  6. Berikut ini pernyataan yang benar terkait dengan Zakat Fitrah yaitu?
  7. Siapakah "Ar Ruuh" yang disebut secara khusus dalam QS Al Qadr ayat 4 berikutتَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ
  8. Apakah makna Ramadhan secara bahasa yang berasal dari kata Ramadh رمض?
  9. Huruf-huruf di dalam Al Quran yang cara membacanya terputus-putus, biasanya di awal surat dan dibaca panjang hingga 6 harakat disebut?
  10. Cocokkan istilah hukum tajwid dibawah ini? Idzhar, Iqlab, Ikhfa, Idghom Bighunnah    Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf خ (kho), Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf ب (ba), Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf ك (kaf), Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf م (mim)

zz

Sekali lagi selamat kepada para pemenang dan semoga mendapatkan ilmu baru atau segar kembali terhadap pengetahuan islamnya. Wallahu'alam bishowwab

Salam,

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia