Deskripsi Program yang Dilaksanakan
Masjid Astra yang berlokasikan di Jakarta Utara merupakan Masjid yang cukup luas yang sering didatangi oleh jamaah dari berbagai kalangan. Masjid Astra sering kali ramai jamaah, namun ada beberapa waktu dimana Masjid Astra menjadi sepi dikarenakan pada waktu-waktu tersebut jamaah beraktivitas seperti pada waktu jam kerja. Hal tersebut menimbulkan suatu masalah, yaitu borosnya pemakaian AC yang tidak perlu ketika Masjid sedang sepi jamaah karena tidak ada orang khusus yang memastikan penggunaan AC.
Keunikan dan Kelebihan
Oleh karena itu, kami menciptakan suatu ide, yaitu "Smart Automation System Upaya Penghematan Energi pada Masjid Astra Melalui Efisiensi Penggunaan AC Berbasis IOT".
Sistem ini bukan terfokus pada seberapa banyak pengurangan biaya, melainkan terfokus pada Efisiensi penggunaan AC yang mana akan terjadi pengurangan penggunaan AC yang tidak perlu serta mempengaruhi biaya pemakaian listrik dari AC. Sehingga, Masjid Astra tetap bisa memfasilitasi jamaah dengan area Masjid yang sejuk ketika ada banyaknya Jamaah, namun juga tidak boros AC apabila jumlah jamaah berkurang bahkan menjadi sedikit dengan AC yang otomatis hidup atau mati sesuai jumlah Jamaah yang datang pada area Ikhwan dan otomatis hidup atau mati sesuai waktu yang telah ditentukan pada area Akhwat.
Hasil Manfaat yang Telah Didapat dan Biaya
Smart Automation System ini memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh tiga pihak, yaitu:
1. Jamaah Ikhwan: Tidak kedinginan dengan AC yang nyala secukupnya
2. Jamaah Akhwat: Tidak kepanasan karena sering kali tidak mandiri dalam menyalakan AC
3. Pengurus Masjid Astra: Dapat mengurangi biaya penggunaan AC, dapat menghemat energi, dan dapat me-monitor beberapa informasi, yaitu:
- Informasi AC mana yang hidup dan mati secara realtime,
- jumlah jamaah yang datang dari beberapa pintu secara realtime,
- dan jumlah pemakaian listrik dari AC.

Biaya Inisiasi: Rp500.000 (Perkiraan termahal dengan kualitas terbaik)
Biaya per Bulan : Rp.0 (Dengan internet menggunakan Wifi yang ada)
Anggota Kelompok
Ghina Mayliana - Astra International - Head Office
Radya Fadhil - United Tractor
Kategori Program
Penghematan Energi
Perusahaan Grup Astra
Astra International - Head Office
Gambar (1 file foto atau gambar yang mewakili program)